• AFILIASI PENERBIT PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH AISYIYAH (APPTIMA)

Sambutan Sekolah Menulis APPTIMA

Sebagai bagian ikut menyukseskan agenda Indonesia International Book Fair (IIBF) pada 8 - 13 November 2022 dan perhelatan International Publisher Association Congress, harapannya pelan namun pasti semoga ASWP bisa menjadi bagian dari daftar nama perguruan tinggi yang membuka program studi penerbitan - APPTIMA

Sebagai bagian dari ikut memeriahkan Muktamar Muhammadiyah ke - 48 di Solo (18 - 22 November 2022), salah satu program aksi yang mengemuka pada forum Musyawarah Nasional (Munas) Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPTIMA) tanggal 22 - 24 September 2022 di Universitas Ahmad Dahlan adalah launcing aplikasi BUKUMU.

Selain itu, peluncuran berbagai program pelatihan menulis dan menerbitkan juga menjadi bentuk kesadaran kolektif peserta Munas agar mampu menggerakkan potensi literasi warga persyarikatan secara optimal. Bahkan APPTIMA sejak awal berdiri (2017) mendorong agar dibukanya Program Studi Penerbitan yang semetinya ditangkap oleh lembaga pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Majelis Pendidikan Tinggi dan Riset Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Untuk itu, sambil menunggi kesiapan PTMA membuka Program Studi Penerbitan (D3, S1, S2, dan S3) maka APPTIMA mencoba memainkan peran katalisator dan motivator memicu kesadaran kolektif kemampuan intelektual warga persyarikatan melalui pendirian lembaga yang secara nonformal dan informal fokus pada layanan pelatihan berbagai bidang keterampilan menulis dan menerbitkan. Semoga pembentukkan APPTIMA School of Writing and Publishing (ASWP) mendapat sambutan positif baik dari warga persyarikatan maupun masyarakat pada umumnya.

Adalah Dr. Zalzulifa, M.Pd; seorang dosen Jurusan Penerbitan di Politeknik Negeri Media Kreatif yang pada periode 2017 - 2021 dipercaya sebagai Ketua APPTIMA sangat antusias mendorong lahirnya ASWP. Melalui tagline aksi "Dengan Inovasi Bangun Negeri", semoga kehadiran ASWP  mampu melahirkan SDM Penerbitan unggul dan berdaya saing sebagai sebuah keniscayaan. Apalagi sampai dengan saat ini di Indonesia baru ada satu program studi penerbitan dan itu pun masih pada level Diploma (D3) di Politeknik Negeri Media Kreatif. Dibandingkan dengan negara-negara lainnya data menunjukkan bahwa di Inggris terdapat sebanyak 27 program studi penerbitan, di Amerika Serikat 24 dan di Asia baru ada di Malaysia tepatnya di Mara University dan Malay University. Untuk mendorong terciptanya SDM unggul dan berdaya saing, maka saatnya APPTIMA mendorong lahirnya program studi penerbitan di perguruan tinggi anggota yang berminat.

Sebanyak 40 modul tematik Pembelajaran Bahasa Pendekatan Wirausha Penerbitan (Publipreneur Based Language Learning-PBLL) telah disusun dibantu oleh para generasi milineal yang diampu dalam mata kuliah Bahasa Inggris, baik oleh mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif dan mahasiswa dari Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Tangerang. Ini semua merupakan bentuk implementasi kerja sama Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang saatnya nanti semua materi ajar bisa diakses secara mudah dan terbuka oleh masyarakat umum. Bagi peminat untuk bergabung menjadi pelatih, silakan klik www.sekolahmenulis.id

 

Baca juga: https://indonesia-bookfair.com/

Baca juga: https://www.international-publishers-association.org/

 

Sebagai bagian ikut menyukseskan agenda Indonesia International Book Fair (IIBF) pada 8 - 13 November 2022 dan perhelatan International Publisher Association Congress, harapannya pelan namun pasti semoga ASWP bisa menjadi bagian dari daftar nama perguruan tinggi yang membuka program studi penerbitan di berbagai negara berikut.

 

Publishing Programs Around the World

Canada | Africa | Asia | Australia and New Zealand | Europe | United Kingdom | United States

https://www.lib.sfu.ca/help/research-assitance/subject/publishing/schools

 

Komentari Tulisan Ini